Sabtu, 07 Januari 2012

Developing Mathematics Education In Indonesia


" Developing Mathematics Education In Indonesia"
By : Drs. Marsigit, M.A

 Kesimpulan Membaca Oleh:
 Tinuk Suparyatun


Kerjasama antara lembaga pendidikan seperti mencari model alternatif dalam referensi
pengalaman pendidikan dari beberapa negara lain mungkin mendapatkan beberapamanfaat kesempatan untuk:
(a) mendiskusikan dan meningkatkan pelaksanaan kurikulum meliputi pengembanganbuku teks, bahan ajar, metodologi pengajaran, dan penilaian,
(b) memperkaya pengalaman pendidik matematika dan ilmu pengetahuan,
(c) meningkatkan kualitas pengajaran belajar dan mengembangkan laboratorium,
(d) memecahkan masalah matematika dan sains belajar mengajar di sekolah,
(e) merekomendasikan cara-cara meningkatkan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan,
(f) memenuhi harapan masyarakat dari apa yang disebut praktik yang baik darimatematika dan pendidikan sains.

Untuk kegiatan pertukaran pengalaman di antara lembaga-lembaga pendidikan mungkinbervariasi seperti:
(a) melakukan seminar dan lokakarya,
(b) melakukan kegiatan penelitian bersama,
(c) penerbitan dan penyebarluasan hasil bertukar pengalaman dan atau jurnal,
(d) membangun jaringan antar lembaga atau negara. Titik baik dari bukti-buktimenunjukkan bahwa untuk meningkatkan pendidikan kita perlu mempertimbangkan hal sebagai berikut:
(a) rata-rata kemampuan guru dan kualitas kelas relatif tinggi,
(b) desain kelas yang tepat, mengajar,
(c) lingkungan pendidikan, kondisi pendidikan dan sebagainya adalah homogen untukseluruh negeri,
(d) guru rajin,
(e) prinsip kesetaraan,
(f) rasa tanggung jawab guru yang kuat,
(g) pengobatan guru relatif baik,
(h) guru sekolah umum harus pindah ke sekolah lain dalam beberapa tahun.

0 komentar:

Posting Komentar